Lagi Viral, ini Kafe Nuansa Korea yang Bisa Ditemui di Kediri | Sidoarjo TIMES

Lagi Viral, ini Kafe Nuansa Korea yang Bisa Ditemui di Kediri

Jan 21, 2021 20:00
Kafe bernuansa korea di tengah perkampungan. (Eko arif s/Jatimtimes)
Kafe bernuansa korea di tengah perkampungan. (Eko arif s/Jatimtimes)

KEDIRITIMES - Sudah bukan hal yang aneh lagi jika syndrome Korea telah mewabah di Indonesia. Banyaknya peminat musik Korea hingga drama Korea, membuat banyak pendiri kafe memiliki ide untuk membuat tempat nongkrong yang memiliki nuansa dari negeri Ginseng tersebut.

Seperti di Kota Kediri, Jawa Timur, banyak sekali kafe-kafe yang sering digunakan untuk nongkrong anak-anak muda. Kafe ini memiliki berbagai konsep unik agar tak kalah saing dengan semakin merebaknya kafe di Kota Kediri. Salah satu konsep yang mengundang banyak pelanggan adalah kafe bernuansa Korea.

Baca Juga : Hebat, Alumni Unisba Blitar Sukses Berbisnis ‘Dapur Sedep’ Masakan Nusantara

Seperti kafe yang berada Jalan Mayor Bismo, Kelurahan Semampir, Kota Kediri, terdapat sebuah kafe baru yang menawarkan konsep korea.

Berada disebuah perkampungan atau gang bernama Segoro Art Rock Suki Grill n Cafe, kafe ini memang menyuguhkan suasana bak di Korea. Mulai dari adanya bunga sakura, adanya bangunan Hanok atau sebutan dari rumah tradisional Korea hingga disepanjang area kafe ini dipenuhi tulisan-tulisan Hangul.

"Konsep membuka kafe bernuansa Korea ini timbul dari maraknya masyarakat di Indonesia khususnya Kediri yang begitu menggandrungi Korea atau K-pop. Di sisi lain, keluarga juga sebelumnya memang suka berkuliner makanan. Berawal dari hal ini timbul pemikiran untuk membuka usaha lewat kafe ini," kata putra dari pemilik usaha, Muhammad Shi Bo Malisi.

Lebih lanjut, pemuda berusia 23 tahun ini mengaku untuk merombak desain sekaligus membuat kafe ala Korea ini dana yang sudah dikeluarkan mencapai ratusan juta. Kafe tersebut mulai di desain pada awal Agustus 2020 lalu.

Lokasi kafe dan resto dibuat secara terpisah, namun masih dalam lingkup perkampungan Korea. Hidangan yang disajikan pun berbeda. Dimana restoran Suki Grill posisinya berada di depan dengan menu hidangan yang disajikan lebih condong ke menu Korea. Disini para pelanggan juga diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses memasak.

“Konsumen bisa memanggang langsung dagingnya, sensasinya dari situ. Sehingga bisa menentukan kematangan daging itu sendiri, sesuai selera.  Jadi sifatnya edukasi secara langsung ke pengunjung,” katanya.

Baca Juga : Dijamin Ngiler! Cobain Sensasi Pedasnya Bakso Mercon Kuah Ndower di Kota Malang Ini!

Menu masakan ala Korea berbahan daging sapi ini dijual dengan harga bervariatif, sesuai kategori usia. Untuk kategori pria dewasa dijual Rp 80 ribu, lansia Rp 70 ribu serta usia anak-anak Rp 50 ribu. Dengan harga sekian, pengunjung bisa makan sepuasnya dengan dibatasi waktu selama 90 menit.

Sementara untuk konsep kafe, lebih ditonjolkan di ruang terbuka. Menu makanan yang ditawarkan lebih cenderung ke makanan ringan semacam rice ball, yakni nasi putih yang disajikan di mangkok ukuran kecil dengan toping beraneka macam. Selain itu ada juga bermacam varian minuman yang dijual, seperti kopi dan minuman jenis modern.

“Minuman paling murah yakni dari varian teh cuma Rp 10 ribu, kalau minuman lainnya nggak sampai Rp 20 ribu,” ujar mahasiswa UGM Jurusan Manajemen ini.

Topik
kafe nuansa korea kafe nuansa korea di kediri Kuliner Kediri tempat nongkrong asyik di kediri

Berita Lainnya