Kemendikbud dan Kemenristek Bakal Dilebur, Siapa yang Jadi Menterinya? | Sidoarjo TIMES

Kemendikbud dan Kemenristek Bakal Dilebur, Siapa yang Jadi Menterinya?

Apr 14, 2021 18:49
Logo dari Kemenristek (kiri) dan Kemendikbud
Logo dari Kemenristek (kiri) dan Kemendikbud

MALANGTIMES - Santer berhembus isu reshuffle kabinet Indonesia Maju disusul dengan peleburan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan menteri Bambang Brodjonegoro ke dalam tubuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menteri Nadiem Makarim.

Menurut pemaparan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabbalin hal ini turut membuat Presiden Joko Widodo bakal melakukan perombakan formasi kabinet. Peleburan dua kementerian ini akan menghasilkan nomenklatur kementerian baru yakni Kemendikbud-Ristek.

Baca Juga : Guru Besar UIN Malang, Prof Imam Muslimin: 'Pemimpin Harus Bersih Dari Berbagai Dugaan'

"Reshuffle kabinet akan terjadi dalam waktu dekat. Bahkan bisa saja terjadi dalam pekan ini," tutur Ali saat dihubungi, Rabu (14 April 2021).

Ali juga menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo tidak akan membiarkan adanya kekosongan jabatan meskipun dalam waktu singkat ia akan bertindak cepat dalam memutuskan siapa yang akan mengisi posisi ini.

Sedangkan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam mengaku tidak memiliki gambaran siapa yang nanti akan menjadi pimpinannya nanti di Kemendikbud-Ristek.

"Saya tidak tahu siapa yang jadi Menteri nantinya itu urusan Presiden ya,” kata Nizam, saat memantau pelaksanaan UTBK di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Rabu (14/04/2021).

Baca Juga : Heboh Isu Reshuffle Kabinet, Jokowi Bakal Copot Moeldoko atau Tidak?

Menurut Nizam, ditunjuknya menteri baru ataupun melanjutkan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek sepenuhnya merupakan keputusan yang ada di tangan Jokowi. 

Topik
Kemendikbud Kemendikbud Republik Indonesia Kemenristek Nadiem Makarim Reshuflle Kabinet

Berita Lainnya