Wajib Coba! 5 Menu Takjil yang Dapat Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh | Sidoarjo TIMES

Wajib Coba! 5 Menu Takjil yang Dapat Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Apr 27, 2021 11:05
Takjil Yang Dapat Meningkat Imunitas Tubuh Saat Puasa
Takjil Yang Dapat Meningkat Imunitas Tubuh Saat Puasa

INDONESIATIMES - Ada begitu banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan kuat. Seperti halnya di bulan puasa ini, memilih minuman ataupun makanan yang sehat merupakan salah satu trik untuk tetap menjaga stabilitas keadaan tubuh. 

Seperti diketahui, keadaan pandemi Covid-19, sistem kekebalan maupun kesehatan tubuh menjadi masalah yang sangat serius untuk diprioritaskan. Sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang paling utama dikondisikan.

Baca Juga : Tips Tampil dengan Gaya Simple ala Hijabers, Cocok untuk Outfit Hangout dan Ngantor Nih!

Oleh sebab itu, penting juga memperhatikan minuman maupun makanan yang dijadikan takjil saat buka puasa. 

Maka dari itu JatimTIMES.com merangkum 5 menu takjil yang dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh pada saat Pandemi Covid-19. Berikut 5 menu takjil tersebut dilansir dari berbagai sumber.

1. Jus Jeruk

Selama ini, jeruk dikenal kaya akan vitamin C, juga bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuh di kala pandemi covid-19 saat ini.

Melansir WebMD, vitamin C yang terkandung dalam jeruk dapat menyembuhkan batuk secara alami dan melegakan tenggorokan. 

2. Kurma

Layaknya anjuran Nabi Muhammad SAW untuk mengonsumsi 3 butih kurma saat buka puasa, rupanya buah satu ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu senyawa yang paling bermanfaat dalam kurma adalah tanin, sejenis antioksidan polifenol. Tanin dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

3.Apel

Mengonsumsi buah-buahan saat berbuka puasa memang dianjurkan, contohnya dengan menjadikan apel sebagai takjil. Selain kandungan air dalam apel bisa membantu menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa, apel juga bisa mencegah berbagai macam penyakit, seperti common cold atau masuk angin. 

Baca Juga : Kemeriahan SPEKTRA FAIR Virtual Untuk Warga Jombang, Edisi Khusus Bulan Suci Ramadhan

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Nutrition Journal, kandungan phytochemical atau antioksidan dalam apel dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis. 

4. Greek Yogurt

Greek yogurt kaya akan kandungan probiotik dan protein daripada yogurt biasa. Menurut analisis di Korean Journal of Family Medicine, probiotik bisa membantu mencegah terjadinya common cold masuk angin. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi probiotik memiliki risiko lebih rendah terkena flu. 

5. Pisang

Memiliki rasa yang manis, pisang kerap menjadi makanan yang digunakan sebagai bahan utama takjil berbuka puasa. Di antaranya adalah kolak dan es pisang ijo. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin B6 yang mampu memperkuat sistem imun. Selain itu, pisang bisa membantu membentuk sel darah merah, memastikan sistem saraf berfungsi baik, dan membantu metabolisme protein dalam tubuh.

Topik
menu sehat puasa menu takjil kekebalan tubuh takjil sehat kuliner sehat

Berita Lainnya