Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Sore Ini Rabu Wage, Jokowi Akan Lantik 2 Menteri | Sidoarjo TIMES

Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Sore Ini Rabu Wage, Jokowi Akan Lantik 2 Menteri

Apr 28, 2021 10:17
Presiden Joko Widodo (Foto: Time Magazine)
Presiden Joko Widodo (Foto: Time Magazine)

INDONESIATIMES - Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju rupanya semakin dekat. Kabarnya hari ini Rabu Wage (28/4/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik dua menteri. 

Reshuffle kabinet Jokowi kali ini akan meresmikan jabatan baru untuk Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia. Nadiem disebut akan menjadi menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi (mendikbudristek). Sedangkan Bahlil akan menjadi menteri investasi. 

Baca Juga : Deadline Akhir Mei 2021, Ada 1 Desa di Tulungagung yang Belum Laksanakan Pendataan SDGs

Kabar reshuffle ini dibenarkan oleh seorang sumber di lingkaran Istana Kepresidenan.  "Iya, 2 menteri," ujarnya dikutip melalui CNN Indonesia. 

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa pelantikan menteri akan digelar terbatas. Perlu diketahui, reshuffle kali ini menyusul perubahan nomenklatur sejumlah kementerian. 

Nomenklatur baru itu adalah usul dari Presiden Jokowi. Dalam nomenklatur baru tersebut, Jokowi mendirikan kementerian baru yakni Kementerian Investasi. 

Kementerian ini disebut sebagai pengembangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Jokowi juga mengusulkan peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek. 

Kemenristek akan diubah menjadi direktorat jenderal di Kemendikbud. Di saat yang sama, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah dilepas dari Kemenristek dan akan berdiri sendiri sebagai lembaga negara yang berada langsung di bawah presiden.

Baca Juga : Pamit Bekerja, Seorang Kakek Hilang di Hutan

Pelantikan 2 menteri tersebut rencananya akan digelar di Istana Negara, Jakarta sore ini pukul 15.30 WIB. Dalam penanggalan Jawa, tanggal 28 April 2021 bertepatan dengan Rabu Wage. 

Ini jadi kali pertama Jokowi mengadakan reshuffle pada Rabu Wage. Dari 5 reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi, terdapat 3 di antaranya dilakukan di Rabu Pon. Kemudian, 2 reshuffle lainnya bertepatan dengan Rabu Pahing. 

Topik
Reshuffle Kabinet Presiden Joko Widodo Presiden Jokowi Nadiem Makarim Bahlil Lahadalia

Berita Lainnya