Live Instagram Hanya Dengan Audio, Mirip Clubhouse dan Twitter Spaces? | Sidoarjo TIMES

Live Instagram Hanya Dengan Audio, Mirip Clubhouse dan Twitter Spaces?

May 02, 2021 10:46
Ilustrasi Instagram (Foto: istockphoto)
Ilustrasi Instagram (Foto: istockphoto)

MALANGTIMES - Eksistensi siaran langsung hanya dengan berbasis audio kini semakin digandrungi para pengguna media sosial. Hal tersebut membuat Instagram menghadirkan fitur baru, di mana pengguna dapat melakukan siaran langsung walaupun hanya dengan audio saja.

Pada dasarnya, fitur ini tidak mengubah Instagram mirip dengan Clubhouse ataupun Twitter Spaces. Namun hanya menambahkan fitur agar pengguna dapat mematikan kamera video ataupun audio pada siaran langsungnya.

Baca Juga : Bak Piramida Mesir, Bangunan Masjid ini Bikin Lebih Nyaman Beribadah

Karena tingginya animo pengguna media sosial pada jaringan sosial berbasis ruang audio, membuat pihak Instagram menambahkan pengaturan untuk siaran langsung hanya dengan audio saat menggunakan Instagram live.

Sehingga, alih-alih tampil dengan mengaktifkan video, pengguna bisa memilih untuk hanya mengaktifkan audio saja.

Dengan populernya penggunaan platform Clubhouse dan Twitter Spaces, diprediksi bahwa fitur ini nantinya juga akan menjadi dobrakan bagi kedua platform tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur pengaturan baru ini pengguna Instagram dapat melihat kontrol baru di bagian panel video kanan atas (Android user). Di situ akan ada pilihan untuk mematikan audio atau video mereka ketika sedang live.

Saat kamera dimatikan, layar pengguna Instagram akan kembali ke gambar profil pengguna.

Percakapan pengguna kepada audiensnya akan terlihat pada bagian atas feed Stories. Dengan adanya fitur ini, pengguna yang sudah memiliki pengikut di Instagram tak perlu repot-repot lagi mengumpulkan audiens atau pengikut baru di platform lain.

"Kami ingin mengembangkan produk Live kami dan menawarkan lebih banyak cara bagi komunitas kreator kami untuk mendorong percakapan yang melibatkan satu sama lain dan audiens mereka," ucap pihak Instagram, seperti yang dikutip dari Social Media Today.

Namun, tidak seperti Clubhouse ataupun Twitter Spaces yang dapat menampung jumlah pendengar sebanyak mungkin, fitur Instagram ini hanya tetap membatasi pengguna melakukan siaran langsung dengan maksimal 4 orang saja.

Baca Juga : Game Among Us Bakal Rilis di PS4 dan PS5, Ini Bocorannya

Walaupun fitur live audio saja yang diaktifkan, pengguna hanya dapat membuat 4 orang saja yang diundangnya mengaktifkan video ataupun audio mereka. Hal tersebut tidak jauh berbeda saat melakukan siaran langsung seperti fitur sebelumnya.

Clubhouse memang sempat mencuri perhatian beberapa waktu lalu karena untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pengguna mesti mendapat undangan terlebih dulu.

Akibat popularitasnya, berbagai layanan media sosial lain ikut buru-buru meniru untuk menghadirkan fitur yang serupa.

Beberapa platform aplikasi sosial menambahkan fitur ruangan audio yang mirip dengan Clubhouse. Seperti halnya Twitter dengan Spaces, Facebook yang meluncurkan kamar khusus audio di Facebook Messenger, sampai Reddit dengan fitur Reddit Talk terbarunya.

Hingga akhirnya media sosial yang tak pernah luput dari sorotan dari penggunanya, Instagram juga ikut-ikutan memiliki platform jaringan sosial audio sendiri.

Dengan semakin ketatnya persaingan ini, Clubhouse diprediksi tidak akan bertahan dan sepopuler saat awal diluncurkan. Sejak Maret 2021 hingga sekarang penggunaan Clubhouse kian menurun.

Topik
siaran langsung berbasis audio Media Sosial Instagram Dunia teknologi

Berita Lainnya