Berusia Lebih Dari 1000 Tahun, Ini Desa Tertua di Indonesia yang Masih Dihuni Hingga Sekarang | Sidoarjo TIMES

Berusia Lebih Dari 1000 Tahun, Ini Desa Tertua di Indonesia yang Masih Dihuni Hingga Sekarang

Jun 25, 2021 08:02
Desa Tertua di Indonesia (Foto: goodnewsfromindonesia.id)
Desa Tertua di Indonesia (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

INDONESIATIMES - Berdasarkan Pusat Data Indonesia Kementerian Desa, Indonesia memiliki jumlah desa sebanyak 74.954. Dari ribuan desa itu, terdapat sebuah desa yang menarik perhatian dan menguak salah satu fakta menarik dari Indonesia.

Diketahui, daerah Klaten, Jawa Tengah memiliki sebuah desa yang diyakini menjadi desa tertua di Tanah Air. Desa itu bernama Kahuman atau yang sering disebut warga dengan Desa Upit

Baca Juga : Munculnya Bulan Purnama Strawberry Supermoon Menurut Supranaturalis Al Ghoibi Asal Tulungagung

Desa Upit berada di Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten. Melansir melalui laman GNFI, umur Desa Upit ini ditandai dengan adanya sebuah prasasti yang ada di sana. 

Warga sekitar biasanya menyebut prasasti itu dengan Prasasti Upit. Dilihat dari tulisan yang tergores, prasasti itu dibuat pada tahun Saka 788 tepatnya pada 11 November 866. 

Artinya, prasasti itu sudah berusia 1155 tahun. Hal itu menjadi pertanda bahwa desa tersebut sudah berdiri sejak lama. 

Bentuk prasasti tersebut silinder dengan tinggi keseluruhan mencapai 85 centimeter. Kemudian, bagian bawah yang menjadi undakan prasasti ini memiliki tinggi 48 centimeter dan bagian atas yang merupakan bagian prasasti utamanya memiliki tinggi 37 centimeter.

Lalu di setiap sisi prasasti terdapat ornamen-ornamen aksara kawi kuno yang masih terlihat jelas dan masih bisa terbaca dengan jelas. Saat ini Prasasti Upit yang asli disimpan di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. 

Baca Juga : Dana Asuransi Jiwa Meningkat, Danamon-Manulife Luncurkan Proteksi Prima Masa Depan

Saat ditemukan dulu, prasasti Upit ini berada di belakang pekarangan rumah seorang carik bernama Mitro Wiratno. Saat ditemukan, keberadaan prasasti itu hanya dijadikan tempat penyangga gentong berisi air.

Selain prasasti tersebut, terdapat pula temuan lain yang membuat yakin jika desa itu adalah desa tertua di Indonesia. Temuan itu berupa batu-batu candi berbentuk segi empat yang ada di sebuah kompleks pemakaman.

Topik
desa tertua desa upit prasasti upit desa tertua di indonesia

Berita Lainnya