Makam Sahabat Nabi Penyebar Agama Islam Pertama di Indonesia Ternyata Ada di Sumatera | Sidoarjo TIMES

Makam Sahabat Nabi Penyebar Agama Islam Pertama di Indonesia Ternyata Ada di Sumatera

Jul 13, 2021 16:04
Makam Sahabat Nabi di Sumatera (Foto: YouTube ANDI MADINAH)
Makam Sahabat Nabi di Sumatera (Foto: YouTube ANDI MADINAH)

INDONESIATIMES - Mempelajari sejarah agama Islam memang tak ada habisnya. Banyak kisah-kisah menarik dan bersejarah dalam perjalanan agama Islam. 

Apalagi jika membahas cerita para sahabat Nabi Muhammad SAW. Tak banyak yang tahu, ternyata ada salah satu makam sahabat Nabi Muhammad SAW yang ada di Indonesia. 

Baca Juga : Sejarah Prostitusi Gang Dolly, Ternyata Makam Pendirinya Ada di Kota Malang

Beliau merupakan rombongan pertama yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam. Lantas seperti apa kondisi makam sahabat Nabi Muhammad SAW di Indonesia ini?

Melansir melalui akun YouTube ANDI MADINAH, berikut ulasannya:

Bagi sebagian orang, mungkin mengira makam para sahabat Nabi Muhammad SAW hanya ada di tanah Arab Saudi. Namun siapa sangka, ada makam sahabat Nabi Muhammad SAW yang berada di Indonesia.

Andi mengatakan jika dari informasi yang didapat, makam tersebut dulu terletak di tepi pantai. 

"Ini dikuatkan oleh masyarakat yang mengatakan jika mereka menggali sumur di sekitar sini, maka mereka akan menemukan kerang. Dan kita ketahui kerang adalah hewan dasar laut," ujar Andi di video yang berjudul "MAKAM SAHABAT NABI DI INDONESIA."

Makam Syekh Mahmud

"Jadi sangat mungkin pada saat itu orang-orang tidak perlu repot-repot mengantar jenazah ke puncak bukit yang sangat tinggi seperti ini. Karena letaknya tepat di pinggir pantai," lanjutnya.

Kemudian Andi pun tiba di makam sahabat Nabi Muhammad SAW yakni Syekh Mahmud bin Abdurrahman bin Muadz bin Jabal. 

"Menurut informasi yang saya terima bahwa dulu jamaah dari Saudi Arabia dari Mekkah ke sini," paparnya.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Disnakkan Kabupaten Blitar Lepas  254 Petugas Pemantau Kesehatan Hewan Kurban

Andi juga menjelaskan bahwa Syekh Mahmud datang ke Tanah Air di masa Khalifah Abu Bakar Ash Siddiq. Tentunya hal ini juga jauh sebelum ada Wali Songo, tokoh Islam yang dihormati di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, karena peran historis mereka dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

"Dan dia (sahabat Nabi SAW) datang ke Indonesia saat masa Khalifah Abu Bakar Ash Siddiq. Jadi Syekh Mahmud ini adalah rombongan pertama yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan agama Islam," jelasnya.

Menariknya, makam yang ditandai dengan bebatuan itu memiliki panjang kurang lebih 8 meter dan terdapat tulisan hadist-hadist Rasulullah SAW di batu nisannya. 

Makam Syekh Mahmud1

"Di antaranya hadist-hadist yang menerangkan tentang bahwa orang Islam itu adalah silaturahmi dan berdakwah," tutupnya.

Andi juga menyebut bahwa datangnya Syekh Mahmud 400 tahun lebih dulu daripada kedatangan Belanda ke Indonesia. Beliau meninggal pada tahun 678 Masehi di usia 51 tahun di Indonesia, tepatnya di Barus, Sumatera Utara. 

 

Topik
cerita sahabat nabi Sahabat Nabi Muhammad makam sahabat nabi

Berita Lainnya