PPKM Level 4, 3, 2, dan 1 Diperpanjang Lagi, Bioskop Mulai Diizinkan Dibuka | Sidoarjo TIMES

PPKM Level 4, 3, 2, dan 1 Diperpanjang Lagi, Bioskop Mulai Diizinkan Dibuka

Sep 13, 2021 21:08
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Screenshoot YouTube Sekretariat Presiden).
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Screenshoot YouTube Sekretariat Presiden).

JATIMTIMES - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, 2 dan 1 di Jawa-Bali kembali diperpanjang hingga sepekan ke depan. Yakni, mulai tanggal 14 hingga 20 September 2021.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual, Senin (13/9/2021) malam. 

Baca Juga : Ma’ruf Amin: Pemerintah Prioritaskan Perlindungan Program Jamsostek untuk Non-ASN dan Pekerja Rentan di Seluruh Indonesia

Menurutnya, selama sepekan terakhir perkembangan kasus secara nasional menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan. Hal ini terlihat dari penurunan tren konfirmasi positif secara nasional hingga 93,9 persen.

"Secara spesifik di Jawa-Bali turun hingga 96 persen dari titik puncaknya pada 15 Juli lalu," ujarnya.

Lebih jauh, berkaitan dengan evaluasi protokol kesehatan pada pemberlakuan pembukaan kembali aktivitas masyarakat, di beberapa wilayah dinilai terjadi peningkatan mobilitas yang cukup masif. Utamanya, di lokasi wisata, seperti Pantai Pangandaran, Bandung Raya, Tasikmalaya, Jabodetabek. 

"Dipenuhi pengunjung dan berpotensi terjadi kasus. Dan lemahnya protokol kesehatan yang diterapkan," katanya.

Pemerintah pusat dalam hal ini terus mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memahami dan mengawasi kondisi pandemi saat ini, dan menginstruksikan bagi (Pemda) untuk melakukan tindakan tegas terhadap tindakan pengabaian di masa PPKM ini.

Seiring dengan itu, semakin baiknya implementasi protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terus berjalan, ada beberapa penyesuaian dan pengetatan di masyarakat yang terus dilakukan pelonggaran. Setelah pusat perbelanjaan yang diperkenankan buka, kini bioskop juga mulai diizinkan bagi wilayah PPKM Level 3, Level 2.

Baca Juga : Turun Level, Kawasan Alun-alun Kota Batu Mulai Dipadati Pengunjung

"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota level 3 dan 2 dengan kewajiban aplikasi PeduliLindungi serta protokol kesehatan yang ketat. Hanya kategori hijau yang bisa masuk bioskop," tegasnya.

Tak hanya itu, penerapan aplikasi PeduliLindungi pada industri-industri di setiap wilayah yang belum menggunakan secara maksimal terus didorong untuk dijalankan. Lalu, penambahan lokasi tempat wisata yang dibuka dengan protokol kesehatan ketat dan implementasi PeduliLindungi pada kota-kota di level 3.

"Penerapan ganjil genap akan mulai diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata mulai jumat pukul 12.00 WIB sampai minggu 18.00 WIB. Ini untuk mengurangi kendaraan yang datang ke sana," tandasnya.

Sementara itu, mengacu pada pengumuman yang diposting oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun Instagram pribadinya, di wilayah Malang Raya tercatat 2 wilayah yang sudah berhasil turun ke level 2. Yakni, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Sedangkan, Kota Malang masih tetap berada di Level 3 untuk saat ini.

Topik
ppkm diperpanjang pelonggaran ppkm Luhut Binsar Pandjaitan

Berita Lainnya