Berkebaya Bali, Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama Hindu | Sidoarjo TIMES

Berkebaya Bali, Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama Hindu

Oct 26, 2021 14:03
Sukmawati Soekarnoputri (Foto: Okezone)
Sukmawati Soekarnoputri (Foto: Okezone)

JATIMTIMES - Putri Presiden pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri kini telah resmi menganut agama Hindu. Sukmawati menjalani ritual pindah agama hari ini Selasa (26/10/2021). 

Ritual Sudhi Wadani atau pindah sebagai pemeluk agama Hindu digelar di Bale Agung di Jalan Mayor Metra Singaraja, Bali. Untuk diketahui, lokasi tersebut merupakan kediaman neneknya yakni Ida Ayu Nyiman Rai Srimben yang juga merupakan ibu dari Presiden Soekarno. 

Baca Juga : Dipenuhi Bekas Luka, Balita 2,5 Tahun Dianiaya Pacar Ibunya di Kota Batu

Mengenakan kebaya Bali bernuansa putih, Sukmawati terlihat begitu anggun. Di lokasi upacara, pengamanan dilakukan oleh kepolisian, TNI dan pecalang. 

Upacara Sudhi Wadani yang dijalani Sukmawati berlangsung tertutup. 

"Kami batasi untuk keluarga besar, PHDI dan saksi saja dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar penglingsir Bale Agung, Jro Made Arsana. 

Rangkaian upacara diawali dengan pengucapan sumpah yang berlangsung di Bale Sangkepan Pasek yang ada di dalam komplek Bale Agung. Sukmawati kemudian mengucapkan sumpah memeluk Hindu di hadapan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan disaksikan oleh sejumlah saksi. 

Selanjutnya, Sukmawati menandatangani sumpah tersebut. Prosesi pindah agamanya selanjutnya yakni menjalani metatah atau potong gigi di Bale Gede. 

Baca Juga : Kisah Ibunda Soekarno yang Tak Pernah Injakkan Kaki di Istana Negara

Kemudian di prosesi terakhir, Sukmawati bersembahyang di pura merajan dadia yang merupakan pura keluarga besar Bale Agung. Sebelum menjalani prosesi upacara, Sukmawati lebih dulu menjalani proses ruwatan di pantai Lovina, Singaraja, Buleleng, Senin (25/10/2021) sore. 

Ruwatan menjadi syarat sebelum Sukmawati menjalani ritual Sudhi Wadani atau pindah agama. Saat prosesi ruwatan, Sukmawati dimandikan dengan air laut oleh Ida Pandita Mpu Satya Dwijananda. 

Ritual tersebut bertujuan untuk membersihkan diri secara spiritual menurut ajaran Hindu. Hal ini dimaksudkan agar seseorang dalam keadaan suci sebelum masuk Hindu.

Topik
Sukmawati Soekarnoputri sukmawati pindah agama agama hindu

Berita Lainnya