Dijodohkan Duet dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Ini Tanggapan AHY | Sidoarjo TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dijodohkan Duet dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Ini Tanggapan AHY

Mar 16, 2022 09:36
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: IST)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disoraki para kadernya saat memberikan kata sambutan dalam acara pelantikan pengurus baru DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Selasa (16/3/2022). Dalam kesempatan itu, para kader Demokrat bersorak duet Pilpres 2024 Anies-AHY. 

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam acara tersebut. Anies dan AHY tiba di lokasi acara di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, berdampingan dan disambut dengan aksi palang pintu. "Anies-AHY! Anies-AHY!" ucap para kader. 

Baca Juga : Kursi Wabup Pamekasan Segera Terisi, Panlih Tetapkan Dua Calon 

Menanggapi hal itu, AHY enggan berkomentar banyak. Putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya meminta para kader untuk bekerja lebih keras.

"Udah nggak usah ini dulu. Ini pasti digoreng macem-macem ini. Kerja dulu," jawab AHY.

Kehadiran Anies dalam acara itu pun menuai pujian dari AHY. Selain itu, Anies  berbalik memuji AHY.

Sebelumnya, AHY menyapa Anies yang hadir dalam pelantikan pengurus baru partainya di tingkat DKI Jakarta. AHY memuji kinerja Anies memimpin DKI Jakarta.

AHY mulanya menyebut Anies sebagai sosok sahabat. Ia mengaku sudah sering berdiskusi dengan Anies sebelum sama-sama masuk ke dunia politik.

"Beliau adalah sahabat diskusi saya, kalau boleh saya mengatakan demikian, Pak Gubernur. Jauh-jauh hari sebelum kami berdua masuk ke dunia politik. Saya masih menggunakan seragam militer beliau masih seorang tokoh akademisi atau cendekiawan yang ingin terus menghadirkan pemikiran-pemikiran, gagasan-gagasan untuk kemajuan bangsa," ungkap AHY.

Anies pun membalas pujian yang disampaikan AHY. "Sangat saya syukuri apalagi Mas AHY ini terbuka pikiran, sangat banyak luas wawasannya sehingga ketika diskusi selalu ada pencerahan yang didapat," kata Anies . 

Ia menyampaikan dirinya sudah lama mengenal AHY bahkan sebelum terjun ke dunia politik. Anies bercerita bersama AHY dulu, ia kerap berdiskusi tentang masa depan Indonesia.

Baca Juga : Jadi Drakor Komedi-Romantis yang Paling Diminati, Beginilah Karakter Tokoh Business Proposal

"Kita sudah lama berdiskusi lama sejak sama-sama masih belum berada di wilayah politik. Pada saat itu kita banyak sama-sama diskusi tentang bagaimana Indonesia ke depan," ucap Anies. 

Hasil Survei Duet Anies dan AHY

Pada tahun 2021, lalu lembaga survei Indostrategic sempat merilis simulasi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Bahkan, hasil survei itu mengungkapkan bahwa Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menempati posisi teratas dengan 20,25 persen responden.

Hasil survei bahwa Anies-AHY menempati posisi pertama dikarenakan kuatnya aspirasi masyarakat untuk mendapatkan calon pemimpin yang baru. Namun demikian, jika pasangan tersebut benar terwujud, dibutuhkan kerja yang sangat keras lantaran Anies tidak memiliki basis atau dukungan partai politik murni.

Selain itu, pada Januari 2022 lalu, hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Anies dan AHY masuk 5 besar. 

Di posisi pertama masih diduduki oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan di posisi ke-4 ada Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).  Sedangkan di posisi ke-5 ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Anies Baswedan Agus harimurti yudhoyono

Berita Lainnya