Pernikahan yang Tak Dihadiri Mempelai Pria di Magetan Habiskan Biaya Rp 45 Juta, Sawah Jadi Jaminan | Sidoarjo TIMES

Pernikahan yang Tak Dihadiri Mempelai Pria di Magetan Habiskan Biaya Rp 45 Juta, Sawah Jadi Jaminan

May 13, 2022 10:31
Pernikahan tak dihadiri mempelai pria (Foto: Tangkapan layar)
Pernikahan tak dihadiri mempelai pria (Foto: Tangkapan layar)

JATIMTIMES - Sebuah resepsi pernikahan di Magetan mendadak viral karena tidak dihadiri oleh mempelai pria. Selain tak hadir di resepsi, mempelai pria juga tidak melakukan akad nikah.

Sehingga tidak terjadi sebuah pernikahan. Padahal resepsi yang digelar di Desa Gambiran, Maospati, Magetan, itu sudah dipersiapkan secara matang. 

Baca Juga : Kapolsek Kalangbret Jelaskan Alasan Bawa Modin Karanganom Ke Polres Tulungagung

Dari foto dan video yang beredar di media sosial, tampak acara yang digelar secara meriah. Bahkan rencana maskawin yang disiapkan mempelai pria adalah uang Rp 2 juta.

"Persiapan sudah semua sebelum hari pelaksanaan. Rencana maskawin, selain seperangkat alat salat, rencana juga uang tunai Rp 2 juta," ujar Kepala KUA Kecamatan Maospati, Sujak, saat dimintai keterangan. 

Bahkan, kedua calon mempelai sendirilah yang mengurus syarat-syarat persiapan pernikahan ke kantor KUA Maospati. Sejauh ini, pihak KUA tidak mengetahui alasan mempelai pria kabur dan tidak datang saat akad nikah dan resepsi tersebut. 

Meski mempelai pria tidak hadir, namun acara resepsi tetap berlangsung. Pasalnya, tamu undangan juga telah datang dan semua disambut oleh keluarga mempelai wanita hingga malam hari.

Bahkan, saat hari itu pihak keluarga mempelai pria yakni orang tuanya tampak hadir dan juga membawa pengiring. Namun si mempelai pria tidak datang.

Viralnya resepsi tanpa kehadiran mempelai pria itu ada pada video berdurasi 17 detik yang memperlihatkan mempelai perempuan berbusana pengantin warna putih berdiri di pelaminan diapit oleh 4 pengiring perempuan berkebaya hitam berkerudung biru. 

Terlihat pula 2 anak perempuan berbusana kebaya berdiri di depan mempelai perempuan. Saat sesi pemotretan seorang perempuan yang merupakan penata rias sedang memberi pengarahan. 

Di sebelah pinggir kiri dan kanan pelaminan tampak duduk orang tua dari mempelai. Sama sekali tak ada senyum dari orang-orang yang ada di dalam video.

Habiskan biaya Rp 45 juta

Yang lebih mengejutkan, pernikahan yang tak dihadiri mempelai pria itu menghabiskan biaya sebesar Rp 45 juta. Namun biaya tersebut ditanggung oleh 2 pihak keluarga.

Ternyata, sebelum minggat dari pernikahan, pihak keluarga mempelai pria Gandy Alvian, yang ada di Desa Jonggrang, Barat, Magetan sempat bertemu dengan pihak keluarga mempelai perempuan Ranting guna membahas perihal mas kawin yang senilai Rp 2,5 juta. 

Baca Juga : Dimandikan dan disalati "Modin WIL", Warga Karanganom Enggan Takziyah dan Tahlil

Karena keluarga Gandy tak sanggup maka mas kawin disepakati menjadi Rp 200 ribu. Namun, keluarganya juga diminta membayar elekton senilai Rp 5 juta. 

Ayah sambung Gandy, yakni Senu Hadi, akhirnya sampai menggadaikan motor. Gandy lalu berangkat ke daerah Kecamatan Karangrejo untuk menggadaikan motor sang ayah, namun hanya laku Rp 1,5 juta.

Hal itu diungkapkan oleh Kades Jonggrang Warsito. Gandy menggadaikan motor pada Jumat (6/5/2022) namun tidak kunjung pulang dan hanya memberi kabar kalau motor ayahnya laku Rp 1,5 juta. 

Gandy pun tak pulang sampai acara ijab dan resepsi tiba. Lantaran Gandy tak datang, kedua keluarga kembali bertemu. 

Mereka membahas perihal pembayaran dekor, belanja makanan, dan sebagainya dan dituangkan dalam surat pernyataan bermaterai. Pihak keluarga pengantin putri menanggung kerugian sebesar Rp 45 juta untuk mengadakan acara ijab qobul dan resepsi pernikahan.

Akhirnya, pembayaran diputuskan dibagi 2 pihak keluarga. Keluarga pengantin putra diberi tenggat waktu hingga 8 Juni 2022 untuk melunasi.

Jika tidak bisa melunasi, keluarga mempelai pria diminta untuk menyerahkan sertifikat sawah yang berlokasi di Sragen, Jawa Tengah. Surat perjanjian itu pun juga telah ditanda tangani kedua belah pihak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kua maospati pernikahan viral video pernikahan viral video viral berita viral

Berita Lainnya