Usulan Nama Capres DPD PAN, Ada Nama Zulhas-Sri Sultan HB X hingga Khofifah Indar Parawansa | Sidoarjo TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Usulan Nama Capres DPD PAN, Ada Nama Zulhas-Sri Sultan HB X hingga Khofifah Indar Parawansa

Jun 27, 2022 15:24
Ilustrasi usulan capres dalam pemilu 2024 (pixabay)
Ilustrasi usulan capres dalam pemilu 2024 (pixabay)

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan nama-nama Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dilakukan beberapa DPD PAN di beberapa daerah, muncul nama-nama para tokoh internal maupun eksternal partai dengan berbagai pertimbangan.

Seperti halnya DPD PAN Bogor, dalam Rakerda disepakati mengusulkan 10 nama, yakni, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Andika Perkasa, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Haedar Nasir, dan Gatot Nurmantyo. DPD PAN Bogor juga mengusulkan tokoh dari internal partai, yakni
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, dan Ketua DPP PAN yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya.

Baca Juga : Bilang Mau Cari Suami Lagi, TKW Hongkong Asal Tulungagung Ini Langsung Dihabisi

Wakil Ketua DPD PAN Kota Bogor Niki Aditya Chaidir menyampaikan, jika usulan nama ini merupakan hasil dari Raperda PAN Bogor.  Dari 10 nama, tiga diantaranya dari internal partai. 

"Yang eksternal ada tujuh nama," kata Niki dikutip detik Senin (27/6/2022).

DPD PAN Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, juga merekomendasikan 10 nama Capres dalam Rakerda. Sama dengan DPD PAN Bogor, terdapat calon dari internal partai yang diusulkan. 10 nama tersebut yakni, Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Airlangga Hartanto, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Isran Noor, Ridwan Kamil dan Haedar Nashir serta ada juga nama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

"Rakerda sudah menetapkan 10 nama bakal capres. Selanjutnya, akan dibahas di tingkat DPW Kaltim," Ketua DPD PAN Kabupaten Paser Sutarno dikutip dari Tempo.

Sementara itu, DPD PAN Yogyakarta turut mengusulkan nama Capres dan Cawapres. Dalam Rakerda yang digelar Minggu (26/6/2022),  terdapat nama petinggi dari PP Muhammadiyah hingga nama Sri Sultan HB X.

Baca Juga : Terungkap, Suami di Tulungagung Ini Bunuh Istri karena Motif Ekonomi

Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta Arief Noor Hartanto menyampaikan terdapat enam nama yang diusulkan. Enam nama tersebut yakni, Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Sri Sultan HB X, Haedar Nashir, Erick Thohir dan Abdul Mu'ti.

"Usulan nama-nama ini memang tidak kami urutkan siapa yang tertinggi, tetapi yang jelas secara umum mereka sesuai dengan usulan masyarakat," ujar Arief dikutip dari Merdeka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Calon Presiden Capres 2024

Berita Lainnya