Bulan Imunisasi Anak Nasional, Pemdes Pakel Kecamatan Ngantru Sukses Imunisasi 113 Balita | Sidoarjo TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Bulan Imunisasi Anak Nasional, Pemdes Pakel Kecamatan Ngantru Sukses Imunisasi 113 Balita

Aug 08, 2022 18:29
Kades Pakel Kasenur saat memberikan vitamin A pada salah satu balita (Foto: Istimewa/ TulungagungTIMES)
Kades Pakel Kasenur saat memberikan vitamin A pada salah satu balita (Foto: Istimewa/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Desa Pakel, Kecamatan Ngantru, Kabupaten Tulungagung turut menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022. 

Hal itu dengan penerapan pos imunisasi yang terbagi dalam empat pos pemberian imunisasi. Masing-masing untuk Pos I dengan sasaran 43 balita, Pos II 34 balita, Pos III 47 balita dan Pos IV ada 47 balita. Jumlah total sasaran imunisasi di Desa Pakel dalam program BIAN ini ada 171 balita untuk usia 9-59 bulan. 

Baca Juga : DPC Harpi Melati Pamekasan Gelar Pertemuan Antar Pengurus Se-Jawa Timur

 

Jika dihitung jumlah balita usia 0-59 bulan, di Desa Pakel terdapat total 184 balita. Namun, karena ada balita yang mengalami kendala, dalam imunisasi kali ini yang dapat hadir dan mendapatkan vaksin MR ada 113 balita.

"Yang hadir 113 balita, (yang absen) karena kebanyakan sakit panas, flu batuk," kata Kepala Puskesmas Pucung, Rosdiana.

Bagi yang belum hadir di kegiatan ini, Rosdiana memastikan akan ada imunisasi susulan yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (13/8/2022) mendatang di Kantor Desa Pakel oleh petugas dan kader.

"Bagi yang belum tervaksin karena kondisi sakit batuk, pilek, panas, akan diadakan imunisasi susulan di balai desa. Suntikan Imunisasi MR diberikan oleh petugas kesehatan dibantu oleh kader," tuturnya.

Kepala Desa Pakel, Kasenur mengatakan Pemdes secara aktif memberikan sosialisasi agar orang tua dengan sukarela membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.

"Pemberian imunisasi ini dimaksudkan untuk melindungi anak-anak dari penyakit, sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif," kata Kasenur, Senin (08/8/2022).

Lanjutnya, sasaran BIAN 2022 ini adalah balita usia 9-59 bulan. Imunisasi ini disampaikan pemerintah melalui sosialisasi, penting untuk mencegah anak-anak agar tak mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Pastikan Tertangani, Bupati Sanusi Lanjutkan Sidak Sekolah di Malang Barat

 

"Alhamdulillah, untuk balita yang ada di Desa Pakel ini telah terdata 100 persen akan mendapatkan imunisasi, namun ada yang belum bisa hadir. Bagi yang belum hadir, puskesmas telah mengagendakan dilakukan imunisasi susulan," ujarnya.

Sebagai orang nomor satu di Pemdes, Kasenur bahkan diminta oleh kader Posyandu untuk turut memberikan vitamin A dengan cara diteteskan di mulut balita.

"Alhamdulillah, hari ini kompak bersama kader posyandu sebanyak 25 orang," ungkap Kades Pakel ini.

Desa yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Blitar ini mengapresiasi capaian dan kesadaran masyarakatnya. Menurutnya, tanpa dukungan masyarakat apapun program dan kegiatan di Desa Pakel tidak akan berarti apa-apa.

"Saya sampaikan rasa terimakasih saya pada seluruh pihak yang terlibat, mulai dari kader posyandu, perangkat, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, tokoh masyarakat dan elemen lainnya sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses dan kondusif," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bian 2022 bulan imunisasi anak nasional

Berita Lainnya