Butuh Setidaknya 5 Tahun untuk Terbebas dari Covid-19 | Sidoarjo TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Butuh Setidaknya 5 Tahun untuk Terbebas dari Covid-19

Aug 09, 2022 06:40
Foto via rm.id
Foto via rm.id

JATIMTIMES- Epidemolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman membeberkan bahwa butuh waktu sekitar lima tahun untuk menjadikan virus Covid-19 sebagai flu biasa. Menurutnya, ada sejumlah faktor yang bisa memicu adaptasi selama lima tahun lebih atau kurang.

“Kalau saya prediksi ya secara kasar itu lima tahun lagi, lama karena masalahnya manusianya,” sebut Dicky dikutip dari Asumsi.co, Senin (8/8/2022).

Baca Juga : Bulan Imunisasi Anak Nasional, Pemdes Pakel Kecamatan Ngantru Sukses Imunisasi 113 Balita

Dicky mengatakan, lama atau tidaknya pandemi Covid-19 ini berlangsung, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya mutasi virus. 

“Faktanya, virus Covid-19 terus melakukan mutasi, hal ini yang menjadi pendorong yang cukup signifikan dalam membuat virus Covid-19 menjadi penyakit bisa, seperti virus pada penyakit flu. Mutasi ini juga menyebabkan virus Covid-19 sulit untuk diantisipasi dengan obat,” paparnya.

Kedua yakni proses vaksinasi belum merata. Dia melihat sebaran Covid-19 terjadi begitu cepat ke berbagai belahan negara. Namun, sebaran vaksin Covid-19 belum sepenuhnya merata, ditambah belom ditemukannya obat penangkal untuk virus ini.

“Vaksinnya ada, tapi vaksin itu punya kelemahan dia tidak bisa mencegah infeksi, tidak bisa mencegah untuk tidak menularkan. Dan durasi proteksi yang ditimbulkan tidak lebih dari satu tahun," terang Dicky.

Baca Juga : Pelaksanaan BIAN 2022 di Kelurahan Tlogomas Sasar 545 Anak Balita

Selain itu, lanjutnya, ada stigmatisasi. Dengan angka penularan yang cukup tinggi, membuat banyak masyarakat menjadi takut dan menganggap bahwa virus Covid-19 merupakan penyakit yang mengerikan.

“Masalahnya gak bisa ditangani satu, dua negara. Pandemi itukan masalah global, masalah bersama jadi perlu kerja sama,” tambah Dicky

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pandemi Covid 19 JATIMTIMES

Berita Lainnya