07/12/2022 Menpora Tegaskan Pentingnya Desain Olahraga Nasional untuk Regenerasi Atlet dan Prestasi Keberlanjutan | Sidoarjo TIMES

Menpora Tegaskan Pentingnya Desain Olahraga Nasional untuk Regenerasi Atlet dan Prestasi Keberlanjutan

Nov 21, 2022 20:52
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali saat memaparkan Implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bersama rekan-rekan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Grand Mercure Malang Mirama, Senin (21/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali saat memaparkan Implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bersama rekan-rekan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Grand Mercure Malang Mirama, Senin (21/11/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan pentingnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) untuk kesiapan regenerasi para atlet dan raihan prestasi yang terus berlanjut. 

Hal itu disampaikan Zainudin dalam kegiatan pemaparan Implementasi DBON bersama peserta Konkernas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Grand Mercure Malang Mirama, Senin (21/11/2022) yang dihadiri jajaran pengurus Seksi Wartawam Olahraga (SIWO) PWI se-Indonesia. 

Baca Juga : Seluruh Desa di Kecamatan Ampelgading Siap Sukseskan Anugerah Desa Terbaik TIK

Pihaknya menjelaskan, selama ini banyak prestasi olahraga Indonesia yang diraih oleh para atlet. Namun, setelah kemampuan menurun atau pensiunnya sang atlet, Indonesia kesulitan mencari bibit atlet berbakat terbaru. 

Mantan anggota DPR ini mengungkapkan,l bahwa selama 76 tahun Indonesia merdeka, belum pernah merancang atau membuat DBON untuk pembinaan para atlet secara nasional dan terus berlanjut. "Kita belum pernah mendesainnya, itulah kenapa prestasi kita setelah itu hilang," ujar Zainudin. 

Menteri yang juga sebagai ketua DPP Partai Golkar ini mengatakan bahwa DBON yang dipayungi oleh Peraturan Presiden RI Nomor 86 Tahun 2021 telah mulai diimplementasikan pada Juli 2022 lalu. Pihaknya pun telah melakukan perekrutan untuk anak-anak berusia 12 tahun dan akan ditempatkan di sentra-sentra DBON di seluruh Indonesia. 

Nantinya, di sentra olahraga tersebut, anak-anak yabg direkrut akan berlatih dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari laboratorium sport science, para pelatih, dan sumber daya manusia yang cukup. 

"Mereka juga sekolah. Jadi, kita tidak mau mereka hanya konsentrasi untuk berlatih, tetapi sekolahnya terlantar. Jadi, sekolahnya tetap terjaga dan latihannya tetap terjamin dengan baik," terang Zainudin. 

Menpora berharap, dengan ditempatkannya anak-anak di sentra-sentra DBON di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan beberapa kampus di masing-masing wilayah, pada tahun 2032 di Olimpiade Brisbane, anak-anak sudah menjadi atlet elit nasional. 

Pria kelahiran Gorontalo 60 tahun yang lalu ini yakin, target-target tersebut dapat tercapai. Namun, karena anak-anak yabg direkrut masih berusia 12 tahun, perlu diatur sistem agar mereka dapat berlatih dan belajar. Terlebih rasa rindu anak kepada orang tua akan lebih terasa jika ditempatkan di sentra-sentra DBON. 

Baca Juga : Promo SUPER HERO Dapatkan Potongan Tenor dan Cashback, Buruan Cek Syaratnya di Sini

"Tapi kita atur sistem misalnya orang tuanya seminggu sekali datang. Semuanya kita atur, termasuk makanan dan ada dokter yang mengawasi, psikolog dan semunya tertata dengan baik," tandas Zainudin. 

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengatakan, pihaknya telah melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepakatan dalam melakukan sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional. 

Menurut dia, rekan-rekan pers atau jurnalis perlu mengawal dan turut serta mensosialisasikan DBON kepada masyarakat luas, karena memang konsel yang diusung bagus serta memiliki misi yang visioner. 

"Kita sudah lihat praktik-praktiknya pada SEA Games 2021 kemarin. Kebetulan saya juga ikut di Vietnam bagaimana jumlah kita sudah mulai sangat sedikit tapi medalinya kita peroleh lebih banyak," ujar Atal. 

Menurut dia, hal itu masih contoh kecil saja. Pihaknya pun berharap dalam proses yang terus berjalan untuk pembinaan para atlet, dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi dan terus membanggakan nama besar Indonesia. 

Judul berita Menpora Tegaskan Pentingnya Desain Olahraga Nasional untuk Regenerasi Atlet dan Prestasi Keberlanjutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Desain olahraga nasional Menpora

Berita Lainnya