Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Unggulkan Bunga dan Budaya, Batu Art Flower Carnival Angkat Potensi Desa Wisata Lewat Mobil Hias

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

27 - Nov - 2022, 06:17

Salah satu mobil hias dalam Batu Art Flower Carnival di Kota Batu, Minggu (27/11/2022).
Salah satu mobil hias dalam Batu Art Flower Carnival di Kota Batu, Minggu (27/11/2022).

JATIMTIMES - Momen yang ditunggu-tinggu masyarakat Kota Batu akhirnya digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. Mobil berhias bunga berhasil menghipnotis masyarakat pada Batu Art Flower Carnival di sepanjangan Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (27/11/2022).

Batu Art Flower Carnival dimeriahkan dengan pawai budaya khas Kota Batu, parade mobil hias, atraksi kelompok seni Kota Batu dan diikuti oleh 100 mobil hias dari 33 peserta yang berasal dari 24 desa/kelurahan dan kecamatan se-Kota Batu.

Baca Juga : One Day Adventure Trail: Ngetrail Sambil Baksos

“Termasuk partisipasi seluruh OPD Pemkot Batu hingga Bank Jatim, serta partisipasi dari destinasi wisata seperti Jatim Park Group, Selecta. Untuk parade mobil hias kontingen menampilkan miniatur potensi yang ada di desa/kelurahan masing-masing,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Mengawali karnaval ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko turut serta mengayuh sepeda yang sudah dihias dengan apik bunga melati warna merah muda didampingi anak dan cucunya. Dewanti mengayuh sepeda mulai Balai Kota Among Tani hingga panggung kehormatan di depan rumah dinas Wali Kota Batu.

Beragam konsep mobil hias pun dihadirkan oleh setiap peserta. Misalnya dari Jatim Park Group yang menghadirkan mobil hias berbentuk kapal dihias penuh dengan beragam bunga berwarna-warni. Lalu dekorasi lautan di atas mobil yang dibuat apik menyerupai lautan dengan bunga. Ada Desa Beji dengan menyuguhkan mobil hias sesuai dengan potensinya yakni tempe. Mobil hias dipenuhi dengan replika tempe dipercantik dengan bunga berwarna-warni.

Selanjutnya Desa Sidomulyo yang menghias mobilnya dengan keranjang raksasa berisikan bunga dan buah-buahan seperti jeruk dan apel sesuai dengan potensi yang ada di desanya. Tak mau kalah dengan desa/kelurahan di Kota Batu salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Batu menghias alat berat dengan bunga-bunga menjadi lebih cantik.

Selain itu juga ada beragam pertunjukkan kesenian seperti Reog Ponorogo, bantengan, tarian-tarian modern hingga tradisional, dan sebagainya dihadirkan di sana. Tak ketinggalan para model yang mengenalkan busana-busana yang amat berat dengan beragam desain.

Meski sempat diguyur hujan, mereka pun tetap semangat menghibur warga Kota Batu yang menyempatkan waktu mereka untuk melihat Batu Art Carnival. Sesekali Dewanti turun dari atas panggung kehormatan menuju penonton untuk mengajak mereka berjoget sejenak.

Dewanti mengatakan, karnaval ini bertujuan untuk menggerakkan perekonomian dan memamerkan rangkaian bunga di Kota Batu. Dengan begitu, petani bunga akan terbantu. Selain itu juga masyarakat terhibur dan gembira melihat berbagai keindahan dari rangkaian bunga yang didesain dengan apik. 

Baca Juga : Dewanti Bersama Anak Cucu Bersepeda Hias Bunga, Awali Batu Art Flower Carnival

 

“Harapannya dengan karnaval ini, kita saling menggembirakan, saling menguatkan ekonomi,” ujar Dewanti.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq menambahkan, Batu Art Flower Carnival akan menjadi ajang tahunan. Tentunya sebagai upaya mendatangkan wisatawan ke Kota Batu.

Dengan wisatawan datang ke Kota Batu, agar mengetahui seluruh potensi desa wisata. “Penyelenggaraan ini akan jadi ajang tahunan nantinya. Diharapkan mampu mendorong semangat pelestarian lingkungan, khususnya bagi masyarakat Kota Batu di Jawa Timur,” ujar Arief.

Event kali ini, menurut Arief, akan menjadi ikon Kota Batu dan akan terus dikembangkan sebagai salah satu agenda dalam kalender wisata tahunan di Kota Batu.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana