Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Siapkan Target Menuju WBBM, Kecamatan Taman Raih Penghargaan Zona Integritas WBK

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Dede Nana

02 - Dec - 2022, 07:17

Makhmud Camat Taman Sidoarjo
Makhmud Camat Taman Sidoarjo

JATIMTIMES - Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo kembali mendapat penghargaan zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) Tahun 2022 dari KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) RI secara virtual kepada Makhmud Camat Taman Sidoarjo. Sebelumnya penghargaan diraih Kecamatan Sukodono, 2018 lalu.

Baca Juga : Wali Kota Sutiaji Imbau Aremania Demo ke Tuhan Jika Tidak Puas dalam Pengusutan Tragedi Kanjuruhan

Adapun acara penyerahan penghargaan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI. Sedangkan indikator yang dinilai untuk mendapatkan penghargaan tersebut adalah peningkatan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi menuju birokrasi kelas dunia.

"Alhamdulillah, tahun ini Kecamatan Taman berhasil mendapatkan penghargaan WBK dengan inovasi yang kami berikan kepada masyarakat," ungkap Makhmud saat ditemui JatimTimes, Jumat (2/12/2022).

Inovasi yang mampu dibuat oleh Kecamatan Taman, sangatlah membantu masyarakat khususnya para pekerja dan lansia termasuk warga yang mengalami disabilitas. "Rata- rata mayoritas penduduk Taman adalah pekerja. Kami berusaha untuk tetap bisa memberikan pelayanan kepada mereka agar tetap produktif di tempat kerjanya. Kami juga menyediakan khusus layanan untuk para lansia dan disabilitas agar tidak perlu harus ke ecamatan untuk mengurus surat atau dokumen. Mereka cukup di rumah kami yang akan membantu ke rumahnya" imbuh Camat Taman periode 2021-2026 ini.

Empat program inovasi tersebut diantaranya, JEMPOL KIA (jemput bola online kia), SIMMAMAH (siap melayani masyarakat malam hari), PAK CAMAT (pelayanan administrasi dan konsultasi cepat aman mantap), PELANSAJA (pelayanan lansia dan disabilitas satu jalur ). 

"Jadi dari empat inovasi aplikasi tersebut harapan saya mempermudah masyarakat khususnya Kecamatan Taman dan tentunya bisa juga diaplikasikan di daerah lain" jelasnya.

Selain menerima penghargaan WBK, Makhmud mentargetkan inovasi di Kecamatan Taman mampu mendapatkan penghargaan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) yang merupakan langkah selanjutnya. 

Baca Juga : Sudah Lakukan Fit and Proper Test, Laksamana Yudo Margono Berjalan Kaki Menuju Rumah Dinasnya

"Saat ini penilaian Kecamatan Taman sudah masuk di angka 93.97 dan cukup tinggi dibanding tahun lalu sekitar 78.8 yang di peroleh Kecamatan Sukodono," ujarnya.

Seperti yang dijelaskan pria kelahiran Sidoarjo ini, Kecamatan Taman memenuhi seluruh indikator yang dinilai. Bahkan cukup tinggi serta menjadi kategori terbaik dan menjadi percontohan di Kabupate Sidoarjo, sehingga layak mendapatkan penghargaan tersebut. 

Selain itu juga, Makhmud mengucapkan terima kasih dan rasa syukur atas diraihnya penghargaan tersebut oleh Kecamatan Taman. Ia juga berpesan agar seluruh jajaran Kelurahan Taman, yang telah berupaya optimal melaksanakan tugas dan pengabdian, khususnya dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, sehingga mendapat penghargaan tersebut.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Nur Hidayah

Editor

Dede Nana