Jatim Times Network Logo
29/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jokowi Wajibkan Masyarakat Beli Produk Lokal Indonesia, Trik Hadapi Situasi Ekonomi Dunia

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Dec - 2022, 10:09

Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)
Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) mengimbau masyarakat Indonesia agar membeli produk lokal Indonesia. Hal itu ia lakukan sebagai strategi besar menghadapi situasi ekonomi dunia yang sedang bergejolak. 

Imbauan itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga : Banyuwangi Ethno Carnival Reborn Gelar Karya Anak Muda dan Gerakkan Ekonomi

"Saya ingin mengingatkan kembali yang berkaitan dengan konsumsi, peningkatan konsumsi, terutama yang berkaitan dengan belanja-belanja dari pemerintah, belanja APBN, belanja APBD, belanja BUMN harus diikuti, dikontrol agar bisa menaikkan konsumsi masyarakat," ujarnya.

Jokowi lalu mengatakan bahwa membeli produk lokal buatan Indonesia itu bersifat wajib dan tidak ada penawaran.

"Sehingga yang namanya pembelian produk-produk dalam negeri itu wajib, tidak bisa ditawar lagi," lanjutnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Jokowi memaparkan bahwa keadaan dunia saat ini tidak baik-baik saja. Akibat situasi yang buruk itu, Jokowi mengimbau kepada seluruh kebijakan yang berkaitan dengan masyarakat, hajat hidup orang banyak itu betul-betul dikalkulasi dan benar-benar dihitung.

Baca Juga : Disebut Kabupaten Digital, Bupati Jember Segera Lakukan Percepatan dan Perluasan

Jokowi juga berpesan agar lembaga atau kementerian tidak terjabak dalam situasi ego sektoral.

"Kuncinya, sekali lagi, kolaborasi antara kementerian dan lembaga, dan jangan terjebak pada ego sektoral, melakukan konsolidasi data, konsolidasi policy, dan juga konsolidasi dari pelaksanaan atau implementasi," ujar Jokowi.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri